Langkah Awal Memulai Bisnis Sendiri

Posted by | Posted in , | Posted on 1:57 PM

Membaca dan melihat iklan, spanduk baik dari Media koran maupun elektronik, tentu kita spontan berfikir “Andai saja saya punya usaha sendiri, saya akan memasang iklan dan menarik banyak konsumen”.

Angan-angan ingin memiliki usaha sendiri kini sudah mulai melanda dan menjadi dambaan banyak orang, bahkan mungkin anda pun kemudian berencana membuat atau membangun bisnis pribadi. Masalahnya sekarang adalah bagaimana bisa kita membangun usaha bisnis sendiri? Berikut adalah tips jika anda berniat membuka usaha sendiri:

1. Penelitian Pasar
Penelitian pasar merupakan hal pokok dalam membangun sebuah bisnis. Lakukan penelitian di pasar dan tentukan siapa konsumen anda. Tentukan pula mana yang akan menjadi sasaran utama anda atau konsumen anda jadi lebih kecil sehingga bisnis anda dapat menjadi fokus dan menjadi acuan untuk melihat kecenderungan pasar.

2. Pilih Partner yang tepat
Jika anda akan mencari rekan kerja, pastinya anda sudah memilih yang tepat. Sebab berdasarkan pengalaman, banyak pebisnis yang dikecewakan partner bisnis. Oleh sebab itu pilihlah partner kerja yang lebih anda kenal dan anda mengetahui dengan detail kredibilitas partner kerja anda.
3. Jaminan keuangan
Jaminan keuangan juga diperlukan untuk memulai bisnis sendiri, meskipun bukan sesuatu yang mutlak. Ada beberapa jenis pilihan yang tersedia untuk mendapatkan modal usaha, anda bisa mengikuti program pemerintah dibidang usaha kecil dan menengah. Anda bisa mengajukan pinjaman pada bank yang menangani usaha kecil atau anda bisa mengambil pinjaman pribadi di bank. Pilihan lain adalah mencari rekanan yang mau berinvestasi untuk memulai usaha bersama.

4. Ciptakan image yang unik
Karena sudah banyak pemain yang lebih dulu terjun ke dunia bisnis yang anda bidangi, sebaiknya anda menciptakan image yang unik menyangkut bisnis anda agar mudah dikenal publik. Image unik sekaligus dapat meyakinkan calon klien anda.

5. Jangan berpikir untung dulu
Usaha apapun butuh perjuangan dan waktu, apalagi anda baru mulai terjun ke dunia bisnis. Oleh karena itu anda jangan berfikir dulu untuk mendapatkan untung dalam tempo cepat. Sebaiknya anda merencanakan perputaran uang yang relatif cepat daripada perputaran uang yang relatif besar namun lambat.

Comments (247)

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 247   Newer›   Newest»
«Oldest ‹Older   1 – 200 of 247   Newer› Newest»

Post a Comment

Followers