Jangan Biarkan Takut Gagal Menghalangi Anda Memulai Usaha

Posted by | Posted in | Posted on 4:01 PM

"Saya ingin memulai usaha kecil tapi.... .."

Apakah Anda bisa menjelaskan poin ini ?

Apa yang menghalangi Anda?

Ketika saya berkesempatan menanyakan ini ke orang lain secara pribadi, jawaban yang paling banyak diberikan adalah takut gagal.

Mereka mengatakan seperti "Saya ingin memulai usaha tapi saya tidak tahu apakah orang akan tertarik membeli produk ini." atau "Saya ingin memulai usaha kecil tapi saya tidak bisa menjual ." Atau "saya ingin memulai usaha kecil tapi saya tidak tahu bisakah saya mendapatkan cukup uang untuk hidup ."

Halangan untuk memulai usaha sebenarnya bukan dari produk atau menjual atau uang – tapi ketakutan.

Sekarang ketakutan yang menyelamatkan Anda dari cedera fisik, seperti ketakuatan saat melihat harimau di depan Anda, ini adalah hal yang wajar.

Tapi jenis ketakutan yang menghalangi untuk melakukan hal baik untuk Anda, bukanlah ketakutan yang wajar .

Takut gagal adalah yang menghalangi Anda dalam memulai usaha, Anda harus melawannya.

Bagaimana Anda bisa melakukannya ? Anda harus melakukan dua hal :

1. bersiap untuk sukses
2. merubah sikap Anda terhadap kegagalan

1) Bersiap untuk sukses
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan keberhasilan adalah belajar bagaimana melakukannya. Anda sudah tahu bagaimana gagal. Anda bisa gagal jika Anda tidak melakukan apapun atau melakukan hal yang bodoh. Tapi bagaimana Anda bisa sukses ? Dengan menemukan secara tepat apa yang Anda butuhkan untuk sukses dan memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi.

Misalnya, jika saya ingin memulai usaha kecil dengan menjual sabun herbal atau produk perlengkapan mandi. Agar bisnis ini berhasil, saya harus melakukan tiga hal penting :

* cukup banyak orang yang ingin membeli sabun dan produk yang saya jual
* produk dengan mutu dan harga yang kompetitif dimana orang ingin membelinya
* cara untuk membawa keduanya bersamaan (orang dan produk )

Jadi, ada kebutuhan dasar. Sekarang yang harus saya lakukan dalah bagaimana memenuhi kebutuhan ini. Cara terbaik melakukannya adalah bekerja dengan business plan. Garis besar Business Plan akan mengarahkan Anda pada proses penulisan business plan milik Anda. Dengan bekerja menggunakan business plan akan memenuhi celah pengetahuan Anda dan memberikan detil bagaimana Anda melakukan apa yang harus dikerjakan dan menjalankan usaha kecil dengan sukses. Business plan Anda nantinya, mempengaruhi blue print kesuksesan.

2) Ubah perilaku Anda terhadap kegagalan

Mengapa Anda takut gagal ?
Kebanyakan orang takut gagal dikarenakan salah satu dari dua alasan ini :

* Kegagalan membuat Anda menjadi orang yang buruk, seorang "loser" yang diremehkan.
* Anda bisa kehilangan semua uang dan atau harta.

Dua hal tersebut adalah pandangan yang salah.

Kegagalan tidak akan merubah genetik atau kepribadian Anda. Ini mempengaruhi beberapa orang untuk bertindak negatif, tapi dirinya sendiri tidak negatif . Akankah Anda menjadi "loser" jika Anda gagal ? Hanya jika Anda menginginkannya.

Apakah orang lain akan merendahkan Anda ? Mungkin sebagian orang. Anda tidak bisa mengendalikan pikiran dan tindakan orang lain – jadi mengapa memperdulikan mereka ?

Dalam hal kehilangan semua uang dan atau harta, tidaklah demikian. Anda bisa menyusun bisnis dengan membatasi liability dengan bekerjasama.

Menurut saya kegagalan bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan tidak menyenangkan, tapi bukan ancaman hidup. Dan kegagalan selalu merupakan peluang untuk hal lain - peluang untuk memperluas batasan, mempelajari hal yang berharga. Dengan menghadapi kegagalan secara positif dan fokus akan merubah sikap Anda .

Memulai dan menjalankan usaha kecil Anda bisa jadi salah satu pengalaman yang akan memperkaya hidup Anda. Jangan biarkan ketakutan Anda menghalanginya.

Mungkin Anda tidak bisa menghilangkan ketakutan Anda. Tapi, ketika Anda membangun kesuksesan, Anda bisa menaklukkannya. Jadi mengapa tidak mulai dari sekarang ?

Diterjemahkan oleh : Iin - Tim Pengusaha Muslim.com

Comments (0)

Post a Comment

Followers

I'm listed in Business